Punya Rumah Sempit? Berikut Beberapa Tips Interior Rumah Agar Rumah Menjadi Lebih Nyaman

Mahalnya harga tanah tentunya membuat beberapa orang harus memiliki rumah yang kecil dan sempit, sebab semakin luas tanah yang dibutuhkan maka semakin banyak uang yang harus dikeluarkan. Hal ini tentunya merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemukan pada kota-kota besar. Namun terdapat beberapa tips mengenai desain interior yang perlu Anda ketahui. Hal ini sangat berguna karena dapat membuat rumah sempit Anda menjadi nyaman. Apabila penempatan furniture dilakukan secara tidak tepat, maka rumah menjadi sempit dan sesak sehingga Anda tidak akan merasa nyaman tinggal di dalamnya, apalagi jika ada banyak anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah Anda. Oleh sebab itu Anda tidak perlu frustasi jika Anda memiliki rumah yang kecil dan sempit sebab Anda hanya perlu mempelajari beberapa hal mengenai interior rumah, dengan mempelajari hal tersebut, Anda bisa membuat rumah Anda menjadi lebih indah. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang interior rumah jika Anda memiliki rumah dengan luasan yang tidak terlalu besar.

 

1. Memanfaatkan setiap senti ruangan

Tentunya rumah yang sempit memiliki keterbatasan ruangan. Oleh sebab itu, Anda harus memanfaatkan setiap senti pada ruangan tersebut sebaik mungkin. Mengingat setiap ruangan yang kosong sangat berharga untuk rumah yang sempit, jadi apabila terdapat ruang kosong seperti kolong tempat tidur, di atas rak baju, di balik furniture, dan masih banyak tempat lainnya, maka harus Anda manfaatkan untuk tempat penyimpanan. Tentunya bisa benda apa saja yang Anda simpan terutama benda yang jarang dipakai, jadi Anda tidak perlu membuat ruangan khusus untuk menyimpan barang tersebut. Tentunya tempat penyimpanan tersebut dapat dibiarkan terbuka atau tertutup dengan menambahkan laci penutup sehingga akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Oleh sebab itu untuk membuat rumah yang nyaman tidak selamanya harus menggunakan furniture yang bagus dan cantik. Anda hanya perlu mengatur rumah dengan baik dan rapi saja sehingga rumah Anda memiliki suasana yang nyaman.

2. Memanfaatkan area vertikal

Salah satu cara agar rumah sempit Anda menjadi luas maka ada baiknya jika Anda memanfaatkan area vertikal dalam interior rumah Anda. Memanfaatkan area di atas kita merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam membuat rumah menjadi lebih nyaman dan dapat menampung banyak barang. Anda juga bisa membuat rumah Anda menjadi seolah dua lantai, sehingga dapat menampung banyak orang dan barang. Hal ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan Anda harus melebarkan luasan rumah, mengingat hal tersebut akan membutuhkan tanah tambahan. Melebarkan rumah juga tidak dapat dilakukan asal-asalan apalagi jika Anda tinggal di kawasan padat penduduk dimana tanah yang dimiliki terbatas. Oleh sebab itu, membuat rumah menjadi tinggi atau menambahkan 1 lantai lagi pada rumah bisa menjadi solusi. Apabila Anda tidak ingin membuat rumah Anda menjadi dua lantai, maka Anda dapat membuat plafon menjadi lebih tinggi sehingga ruangan di dalamnya menjadi tinggi juga. Jadi Anda bisa menggunakan furniture yang bertingkat  2 agar bisa memanfaatkan ruangan di atasnya seperti tempat tidur tingkat dua (2).

3. Pemilihan warna dan menggunakan cermin

Tentunya pemilihan warna merupakan  hal yang sangat penting pada desain interior rumah, dimana warna tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih menarik namun juga memberikan pengaruh pada suasana ruangan. Ada baiknya jika Anda memilih warna cerah, sebab warna cerah sangat cocok digunakan pada rumah yang sempit. Hal ini dikarenakan warna cerah dapat membuat ruangan terasa luas dan lega. Selain itu, akan sangat pas jika Anda memadukan ruangan dengan cermin. Hal ini dikarenakan cermin dapat memantulkan benda di depannya sehingga dapat membuat ruangan menjadi lebih panjang dari pada aslinya. Tentunya cermin yang digunakan juga harus lebih besar agar ruangan menjadi terlihat lebih luas. Tidak heran jika dalam modern interior saat ini, banyak interior rumah Jakarta yang memanfaatkan cermin, apalagi jika tinggal di kota besar.

4. Memilih furniture yang tepat

Tentunya furniture juga memberikan pengaruh yang besar terhadap luasan ruangan interior rumah, dimana apabila Anda salah memilih furniture, maka akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Tentunya ada baiknya jika Anda menyesuaikan ukuran furniture yang akan dipilih dengan luasan ruangan yang Anda miliki. Semakin kecil ruangan, maka semakin kecil pula ukuran furniture yang digunakan. Jika rumah Anda sempit, maka ada baiknya jika Anda menggunakan furniture minimalis, dimana saat ini juga bisa dibuat custom dengan berbagai model. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia living room interior minimalis.

 

Jika Anda membutuhkan jasa interior rumah Jakarta, termasuk living room interior Jakarta, interior kamar Jakarta, interior dapur Jakarta, atau custom furniture Jakarta, Anda bisa menghubungi kami. Room Art Interior merupakan vendor interior Jakarta yang sudah menangani proyek pembangunan interior rumah, interior kos, interior dapur, interior kantor, dsb di daerah Jakarta dan sekitarnya.